Indeks Berita

BHP Jakarta Terbitkan Surat Keterangan Hak Waris

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

SKWH Pemohon 1

Jakarta, BHP Jakarta - Balai Harta Peninggalan (BHP) Jakarta, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, menjalankan

Salah satu tugas pokok dan fungsi Balai Harta Peninggalan (BHP) Jakarta, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta adalah, menerbitkan Surat Keterangan Hak Waris (SKHW). Proses penerbitan SKHW ini ada dua tahap, yaitu pembuatan Berita Acara Penghadapan dan Penerbitan SKHW.

Pada 6 April 2022, misalnya, BHP Jakarta mengundang pemohon Surat Keterangan Hak Waris (SKHW). Diwakili Kurator Keperdataan Ahli Madya, BHP Jakarta meminta keterangan pemohon terkait penerbitan SKHW. Keterangan itu kemudian dituangkan ke dalam Berita Acara Penghadapan dan ditandatangani bersama oleh pemohon dan Kurator Keperdataan Ahli Madya.

Pembuatan Berita Acara Penghadapan merupakan tahapan awal dari proses pembuatan SKHW. Selanjutnya, BHP Jakarta akan menerbitkan SKHW sesuai keterangan yang disampaikan pemohon, serta dokumen pendukung yang dilampirkan dalam surat permohonan.

SKWH Pemohon 2

Sehari sebelumnya, pada 5 April 2022, BHP Jakarta juga melakukan proses pembuatan Berita Acara Penghadapan dengan mengundang pemohon. Pertemuan dihadiri Kurator Keperdataan Ahli Madya, Kepala Seksi Harta Peninggalan Wilayah I dan Kurator Keperdataan Ahli Pertama.

Dalam pertemuan tersebut, pemohon dimintai keterangannya dan diperiksa kesesuaian antara keterangan dan dokumen pendukung. Keterangan yang disampaikan pemohon kemudian dituangkan ke dalam Berita Acara Penghadapan dan ditandatangani pemohon dan Kurator Keperdataan Ahli Madya. Selanjutnya, SKHW diterbitkan BHP Jakarta berdasarkan Berita Acara Penghadapan yang telah ditandatangani tersebut.


Balai Harta Peninggalan - DKI Jakarta.
copyright © 2022 Pusdatin - Kemenkumham RI