Indeks Berita

Di Tangerang dan Bandung, BHP Jakarta Angkat Sumpah Wali Anak di Bawah Umur

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Wali Tangerang 1

Tangerang, BHP Jakarta - Balai Harta Peninggalan (BHP) Jakarta, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jakarta, kembali menjalankan salah satu tugas pokok dan fungsinya berdasarkan KUH Perdata dan Permenkumham No.7 Tahun 2021, yakni melaksanakan pengangkatan sumpah perwalian.

Diwakili M. Ninor Islam selaku Kurator Keperdataan Ahli Madya, Muhammad selaku Kepala Seksi Harta Peninggalan Wilayah III, dan Evi Anastasia selaku Kurator Keperdataan Ahli Pertama, BHP Jakarta diwakili mengangkat sumpah wali atas nama wali Bambang Setyono pada Rabu 6 April 2022.

Wali Tangerang 2

Pengangkatan sumpah ini dilakukan setelah ada penetapan Pengadilan Agama Tangerang Nomor 666/Pdt.P/2021/PA.Tng tanggal 8 September 2021

Proses pengangkatan sumpah diawali dengan pencatatan harta di bawah tangan anak, yang ditaruh di bawah perwalian dan penandatanganan Berita Acara Penghadapan.

Sebelumnya, Tim BHP Jakarta juga berkoordinasi terkait perwalian ke Pengadilan Agama Tangerang di Jl. Perintis Kemerdekaan II, RT.007/RW.003, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

Sumpah Perwalian di Bandung

Selang sehari, tepatnya pada 7 April 2022, Tim Kerja BHP Jakarta juga bergerak ke Bandung, Jawa Barat, untuk mengangkat sumpah wali anak di bawah umur. BHP Jakarta diwakili Kurator Keperdataan Ahli Madya dan Kurator Keperdataan Ahli Pertama.

Pengangkatan sumpah diawali dengan koordinasi dengan Ketua, Wakil Ketua, serta Panitera Pengadilan Agama Bandung. Koordinasi dilakukan terkait penetapan perwalian anak yang diterima BHP Jakarta dari Pengadilan Agama Bandung. Untuk kelancaran proses pengangkatan sumpah wali di kediaman wali, Tim BHP juga berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Antapani Kidul.

Wali Bandung 1

Proses pengangkatan sumpah disaksikan pihak keluarga, setelah diawali pembuatan Berita Acara Penghadapan dan Pencatatan Harta Kekayaan. Pengangkatan sumpah dilakukan sesuai agama yang dianut wali.

Wali Bandung 2

Dalam kesempatan ini, BHP Jakarta yang bertindak selaku wali pengawas juga memberikan edukasi kepada wali terkait tugas dan kewajibannya, untuk menyampaikan laporan minimal setahun sekali tentang pelaksanaan tugas, khususnya tentang harta kekayaan yang dicatatkan dalam Berita Acara Pencatatan Harta Kekayaan. (/BHPJakarta)


Balai Harta Peninggalan - DKI Jakarta.
copyright © 2022 Pusdatin - Kemenkumham RI