Indeks Berita

BHP Jakarta Sumpah Wali Anak di Bawah Umur

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Lantik Umur 1

Banten, BHP Jakarta -  Balai Harta Peninggalan (BHP) Jakarta, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta melaksanakan pengangkatan sumpah wali anak dibawah umur di salah satu wilayah kerja BHP Jakarta, yaitu Provinsi Banten. 
 
BHP Jakarta sebagai Wali Pengawas menurut ketentuan Pasal 366 KUH Perdata menerima salinan penetapan mengenai perwalian anak dibawah umur dari Pengadilan Agama Tangerang. Menindaklanjuti salinan penetapan tersebut, BHP Jakarta telah mengirimkan surat panggilan kepada Wali yang telah ditetapkan untuk diangkat sumpahnya sebagai wali, namun panggilan tersebut belum mendapat tanggapan dari wali yang bersangkutan sehingga Tim Kerja BHP Jakarta yang terdiri dari Kurator Keperdataan Ahli Madya dan Kurator Keperdataan Ahli Pertama ditugaskan untuk melaksanakan pengangkatan sumpah wali anak dibawah umur di Provinsi Banten pada tanggal 23-25 Maret 2022 sesuai ketentuan Pasal 362 KUH Perdata. 
 Pelantikan di Bawah Umur 2
Pengangkatan sumpah wali anak dibawah umur dilaksanakan di kediaman wali yang bersangkutan dengan dibantu dan disaksikan juga oleh pihak keluarga dari wali yang bersangkutan. Rangkaian proses pengangkatan sumpah wali anak dibawah umur diakhiri dengan penandatanganan salinan berita acara dan sosialisasi mengenai tugas dan kewajiban wali yaitu untuk menyampaikan perhitungan ringkas  mengenai pengelolaan harta kekayaan anak dibawah umur secara tertulis yang ditujukan kepada Wali Pengawas sesuai dengan ketentuan Pasal  372 KUH Perdata.

Balai Harta Peninggalan - DKI Jakarta.
copyright © 2022 Pusdatin - Kemenkumham RI