Indeks Berita

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

POP1

Jakarta, BHP Jakarta - Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly mengukuhkam pengurus Persatuan Olahraga Pengayoman (POP) Kemenkum HAM periode 2022-2023, Rabu (22/06), di Jakarta.

Pengukuhan dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun, didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Marselina Budiningsih, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Ronald Lumbuun, serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kanwil Kemenkum HAM DKI Jakarta, satu di antaranya Kepala Balai Harta Peninggalan (BHP) Jakarta Agustina Setiyawati.

POP2

Pengukuhan ini digelar secara virtual dari Graha Pengayoman. Para pengurus POP Kanwil Kemenkum HAM DKI Jakarta mengikutinya di aula Kanwil.

Yasonna memberikan selamat kepada pengurus POP Kemenkum HAM yang baru. Sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo dalam menyiapkan pembangunan sumber daya manusia melalui pembinaan olahraga, Yasonna mengharapkan, setiap ajaran memiliki keunggulan kompetitif di semua sektor, dapat berdikari, dan saling bergotong-royong untuk mewujudkan Kemenkum HAM yang semakin PASTI.

POP3

"Melalui pengukuhan Pengurus POP, kita diharapkan dapat menunjukkan keunggulan prestasi olahraga. Setidaknya kita tetap sehat dan menjadi lebih produktif," kata Yasonna.

Yasonna juga berharap, lewat aktivitas olahraga tali silaturahmi dapat ditingkatkan di tengah padatnya pekerjaan.

"Jadikanlah POP ini menjadi sebuah wadah pembinaan khusus bidang olahraga bagi pegawai Kementerian Hukum dan HAM. Hal ini sebagai sarana untuk mempererat hubungan antarinsan pengayoman dan menjaga kekompakan," pungkad Yasonna.(/BHPJAKARTA)


Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Sinergitas Banten A

 

Jakarta, BHP Jakarta - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta terus meningkatkan pelayanan jasa hukum. Hal ini diwujudkan lewat langkah sosialisasi tugas dan fungsi Balai Harta Peninggalan (BHP) Jakarta, di Cilegon, Banten, Kamis (16/6).

Bertempat di Aston Cilegon Boutique Hotel, sosialisasi itu juga diperkuat dengan penandatangamam Nota Kesepahaman Bersama dengan Pengadilan Tinggi Banten dan Pengadilan Tinggi Agama Banten.

Selain Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, kegiatan ini juga dihadiri Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Banten Sujatmiko, Hakim Tinggi PTA Banten Muhayah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Tejo Harwanto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Ronald Lumbuun serta perwakilan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama se-Banten.

“BHP Jakarta sangat terkait dengan instansi lainnya, terutama lembaga peradilan untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai wali pengawas, pengampu pengawas dan pengampu atas orang dinyatakan tidak hadir," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, dalam sambutannya.

Sinergitas Banten B

Pada hakikatnya, BHP memiliki tugas mewakili dan mengurus kepentingan orang-orang yang karena hukum atau putusan hakim tidak dapat menjalankan sendiri kepentingannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Oleh karena itu, BHP memegang peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat dalam memberikan kepastian dan perlindungan hukum terhadap harta kekayaan dalam perwalian, pengampuan dan lainnya," pungkas Ibnu.

Sinergitas ini menjadi salah satu langkah nyata untuk memberikan kepastian hukum, sinergitas dengan Pengadilan Negeri maupun Pengadilan Tinggi Agama se-Banten. Semua bertujuan meningkatkan pelayanan di wilayah Banten.

“Nantinya Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi Agama yang mengeluarkan putusan wajib menyampaikannya kepada Balai Harta Peninggalan Jakarta," pungkas Ibnu, mantap.

Sinergitas Banten C

Menurut Kepala BHP Jakarta Agustina Setiyawati, sinergitas ini merupakan rangkaian kegiatan tahun 2022. Agustina berharap, lewat sosialisasi ini BHP Jakarta dapat diingat para pemangku kepentingan--terutama para hakim peradilan agama dan peradilan umun yang bertugas melayani permohonan masyarakat--sehingga bisa secara nyata memberikan pertimbangan dalam amar penetapan atau putusannya bahwa BHP Jakarta sebagai representatif negara ada untuk mereka yang membutuhkan.(/BHPJakarta)


Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Lelang CV Sinar 2

Jakarta, BHP Jakarta - BHP Jakarta Hadiri Lelang Aset CV. Sinar Anugerah Lestari Textindo di KPKNL Bandung . Balai Harta Peninggalan (BHP) Jakarta, Kanwil Kemenkum HAM DKI Jakarta, selaku Kurator CV. Sinar Anugerah Lestari Textindo (dalam Pailit) menghadiri lelang aset pailit di KPKNL Bandung, Senin, 20 Juni 2022.

Lelang CV Sinar 1

Berdasarkan ketentuan UU Kepailitan dan PKPU, BJB cabang Suci selaku Kreditur Separatis pemegang Hak Tanggungan diberi kesempatan melakukan eksekusi melalui lelang selama 60 (enam puluh) hari sejak diputuskan insolvensi (12 Mei 2022).

Objek Lelang berupa sebidang tanah seluas 518 M2 beserta bangunan yang terletak di Jl. Sukahaji No. 40, Bandung, Jawa Barat.

Lelang dipandu oleh Wasis Warsito selaku Pejabat Lelang di KPKNL Bandung. Metode lelang yang dipakai ialah closed bidding.

Lelang CV Sinar 3

Wasis Warsito menetapkan Pemenang Lelang dan menyatakan aset laku terjual dengan nilai Rp. 4.705.000.000 (empat miliar tujuh ratus lima juta rupiah) dari harga limit Rp. 4.700.000.000 (empat miliar tujuh ratus juta rupiah).

Selanjutnya kepada Pemenang Lelang diberikan jangka waktu sampai dengan tanggal 27 Juni 2022 untuk melakukan pelunasan. (/BHPJakarta)


Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

ANRI BHP JAKARTA3

Jakarta, BHP Jakarta - Arsip Wees en Boedelkamers--kini Balai Harta Peninggalan (BHP)--di era kolonial tak sedikit jumlahnya. Berkas-berkas itu merupakan arsip statis (bersejarah) dan menjadi salah satu khazanah penting yang disimpan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Nah, tepat di tahun 2022 ini, sepuluh tahun sudah ANRI mengelola arsip-arsip lawas tersebut.

ANRI BHP JAKARTA2

Untuk memperoleh informasi yang lengkap, baik dari segi kebijakan, pelaksanaan tugas fungsi serta pengelolaan, ANRI dan BHP Jakarta, Kanwil Kemenkum HAM DKI Jakarta, menggelar rapat konsinyasi dalam rangka Penyusunan Skema Sementara, pada Senin (23/5). Rapat dibuka Direktur Pengolahan ANRI Wiwi Diana Sari.

Fokus pembahasan seputar Serie Voogdiraden (perwalian) dengan jumlah 120 dari total 1200 meter linier arsip harta peninggalan era kolonial. Pembahasan ini menyusul Serie Failissement (kepailitan) pada tahun sebelumnya.

ANRI BHP JAKARTA1

Hadir dalam pembahasan ini Koordinator Substansi Harta Peninggalan dan Kurator Negara Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum M. Ardiningrat Hidayat, Kurator Keperdataan Ahli Madya BHP Jakarta Nuryanto dan Lektor/Ketua Bidang Studi Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Indonesia Dr. Akhmad Budi Cahyono selaku narasumber. Tak tertinggal, Arsiparis dan Fungsional terkait di lingkungan ANRI dan BHP Jakarta.(/BHPJakarta)


Balai Harta Peninggalan - DKI Jakarta.
copyright © 2022 Pusdatin - Kemenkumham RI